Wednesday 18 November 2015

UTS Ilkom



UJIAN TENGAH SEMESTER GASAL 2015-2016

Mata Kuliah              : Ilmu Komunikasi
Program Studi           : S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran 2013
Waktu                         : 60 menit
Dosen                          : Durinta Puspasari, S.Pd., M.Pd
                                      Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd


Perhatikan perintah berikut ini sebelum Anda mengerjakan soal UTS:
1.    Tulis identitas diri Anda (Nama, NIM, Prodi) di pojok kanan atas pada lembar jawaban.
2.    Beri foto warna ukuran 3 x 4 pada lembar jawaban Anda di pojok kiri atas.
3.    Soal UTS letakkan di atas lembar jawaban dan distaples.
4.    Masing-masing nomor mempunyai bobot nilai 25.
5.    Apabila terdapat jawaban yang sama antara mahasiswa yang satu dengan mahasiswa yang lain, maka dua mahasiswa tersebut sama-sama nilainya akan dikurangi sebanyak 25 untuk setiap nomor jawabannya.

Pertikaian yang terjadi antara Suku Dayak dengan Suku Madura ini sudah terjadi sebanyak dua kali, tepatnya tahun 1996 di Senggau Ledo dan tahun 2001 di Sampit. Salah satu penyebab mendasar dari pertikaian ini adalah perbedaan budaya antara Suku Dayak dengan Suku Madura. Misalnya saja masalah pinjam meminjam tanah. Di dalam Suku Dayak diperbolehkan pinjam meminjam tanah tanpa pamrih. Sedangkan menurut kepercayaan lisan Suku Madura diperbolehkan untuk menggarap tanah tersebut, namun seringkali Suku Madura menolak untuk mengembalikan tanah pinjaman tersebut dengan alasan Suku Maduralah yang telah menggarap tanah tersebut selama ini. Di dalam budaya Suku Dayak perbuatan tersebut dianggap sebagai “balang semaya” atau “ingkar janji” dan harus dibalas dengan kekerasan. Dari sinilah pertikaian antar suku terjadi.

Pertanyaan:
1.    Menurut Anda, dimanakah letak kesalahan dari proses komunikasi yang terjadi antara Suku Dayak dengan Suku Madura tersebut? Jelaskan berdasarkan perspektif komunikasi!

2.    Berdasarkan kasus pertikaian tersebut, analisislah penyelesaiannya dengan menggunakan teori-teori hubungan interpersonal yang Anda ketahui!

3.    Berdasarkan kasus pertikaian tersebut, apakah kasus tersebut juga dapat diselesaikan dengan menggunakan beberapa etika yang terdapat di Indonesia? Jelaskan dengan menggunakan contoh konkritnya!

4.    Bagaimana pandangan Anda mengenai peranan lima hukum dalam komunikasi yang efektif apabila dikaitkan dengan kasus pertikaian tersebut? Berikan argumentasi Anda!

No comments: