Saturday 14 March 2015

Cara cepat dan mudah membuat sertifikat menggunakan MS. PUBLISHER

kali ini saya mencoba mengamalkan sedikit ilmu yang saya dapat tentang MS. PUBLISHER.
sebelumya sudah tau Microsoft Office kan? Dimana ada komputer yang terpasangan sistem operasi windows, biasanya disitu juga ada Microsoft Office. Namun belum tentu ada Microsoft Office Publisher.
MS Office Publisher adalah perangkat lunak yang dibundle pada MS Office versi Enterprise, jadi jika kita memasang MS Office versi Home atau Student di komputer kita, maka kita tidak akan mendapatkan MS Office Publisher ini.
 
MEMBUAT SERTIFIKAT!!!
Banyak yang kebingungan dengan banyaknya cara yang ditawarkan dalam pembuatan sertifikat, dan disini saya akan belajar memberikan sedikit informasi tentang cara pembuatan sertifikat yang mudah dan sederhana untuk pemula.
Pada tutorial ini kita membagi dua pekerjaan yaitu:
MS. EXCEL untuk membuat data-data, nama atau identitas yang akan di masukan di dalam sertifikat
MS. PUBLISHER untuk membuat dan mendesain sertifikat dan menggunakan
MAIL MERGE adalah sebuah fasilitas yang terdapat di Microsoft Office (Word, Publisher) yang berfungsi dan digunakan untuk membuat sebuah dokumen yang template nya sama namun tujuan penerimanya berbeda


STEP BY STEP dalam pembuatan sertifikat  sebagai berikut :

1. Jalankan program Ms. excel



Tulis data-data yang akan di masukan ke dalam sertifikat (nama, alamat, no. peserta dll)




2. Save data excel tsb ke dokumen yang mudah untuk ditemukan
3. jalankan Program Ms. Publisher
Search "Ms. Publisher" jika anda belum sama sekali pernah menggunakan maupun melihat.

4. Pilih "Award Certificates"

5. pilih template
Pilih template yang anda suka dan yang anda butuhkan.

6. desain sertifikat
Anda bisa mengeksplor apa yang anda inginkan dan butuhkan terhadap lembaran sertifikat tsb. seperti pengisian data-data yang di butuhkan, logo, dll


jika anda merasa sudah selesai mengisi data-data tetap (nama lembaga, nama sertifikat, dll) kosongkan untuk kolom nama, dan identitas keterangan yang lain)

TAHAP pengisian data menggunakan MAIL MERGE
1. Klik "Mailings" di menu bar => "select resipients" => "use an existing list"

2. Cari data Excel yang sudah anda buat tadi. lalu tekan "open", maka akan muncul layar seperti ini
klik di Sheet berapa anda menyimpan, lalu klik "ok", jika anda menekan tombol ok maka akan keluar layar seperti ini:

Pastikan data yang anda masukan sudah benar, jika anda merasa sudah benar klik "ok"

3. masukan data-data penerima sertifikat. Klik "Mailings" => "Insert Merge Field"

Sebelum anda klik "nama dalam insert merge field" pastikan cursor anda berada pada tempat yang anda inginkan untuk terisi nama, dan lakukan sampai data terisi penuh.

4. Klik "next record" => "preview results" untuk meninjau identitas penerima sertifikat

 5. Akhiri pekerjaan anda dengan menyimpan sertifikat, namun jika anda ingin lansung menyetak sertifikan maka tekan "Ctrl+p" atau menggunakan "Finish & print" => "Merge to Printer"





SELESAI 
dan
SELAMAT MENCOBA


Sumber : Pengalaman Pribadi M.Irfan Effendi

               Pembelajaran dari lab. Komputer. FE/UNESA

1 comment:

UnieCafe said...

Terima kasih sangat membantu bagi kami yang masih belum pernah dapat ilmunya. Semoga Allah menambahkan ilmu yang banyak kepada mas Effendi, supaya barokah ilmunya.