Monday 19 October 2015

Contoh Real Pernyataan Ilmu Ekonomi Positif dan Normatif

Tiga Contoh Real Pernyataan Ilmu Ekonomi Positif dan Normatif
Diajukan untuk memenuhi Tugas Mata kuliah
Pengantar Ekonomi Makro
 

Oleh:
Mohammad Irfan Effendi
13080314057


FAKULTAS EKONOMI
PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2013


Tiga Contoh Real Pernyataan Ilmu Ekonomi Positif dan Normatif 
1.      YOGYAKARTA
Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) mencatat setiap harinya terdapat 3.500 pengaduan yang diterima tim implementasi terkait pelaksanaan program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Direktur UKP4 Mardianto Jatna menjelaskan, pengaduan itu masuk sejak pemerintah meluncurkan program BLSM pascakenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, 22 Juni 2013 lalu.
“Pengaduannya macam-macam. Ada yang menyatakan BLSM tidak tepat sasaran. Lalu dari beberapa tempat ada juga yang menyatakan nilai yang diterima dipotong atau tidak sesuai seperti yang ditetapkan pemerintah,” kata Mardianto dalam seminar yang digelar The Jawa Pos Institute of Pro Otonomi (JPIP) bekerjasama dengan United States Agency International Development (USAID) di Yogyakarta, Minggu (7/7).
Atas kondisi ini, pemerintah menurut Mardianto, berusaha bekerja cepat. Setiap pegaduan yang masuk menurutnya kemudian diklasifikasi berdasarkan jenis-jenis pengaduan. Kemudian membawanya ke dalam rapat yang dipimpin Ketua tim sosialisasi program BLSM  Wakil Presiden Boediono, guna dicarikan solusi terbaik.
“Wapres telah menginstruksikan agar penggantian kartu yang salah dan yang tidak tepat sasaran segera dilakukan. Jadi setiap hari pengaduan-pengaduan tersebut ditanggapi dan langsung dicari jalan keluarnya,” ujar Mardianto.
Menurutnya, sampai saat ini UKP4 juga masih terus membuka pintu bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan. Pengaduan dapat disampaikan lewat Layanan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR). Jenis pengaduan juga tidak dibatasi hanya terkait BLSM, namun semua hal yang berkaitan dengan pembangunan nasional.
“Ini merupakan salah satu inisiatif UKP4 untuk merangkul da menjaring informasi dari masyarakat umum terkait pelaksanaan pembangunan nasional. Jadi bisa disampaikan lewat website yang ada di www.lapor.ukp.go.id. Di website tersebut juga kita publikasikan laporan-laporan pengaduan yang ada dan solusi yang telah ditempuh,” ujarnya.
Sebagai informasi tambahan, Mardianto juga menyatakan bagi masyarakat yang ingin mengetahui seberapa besar BLSM yang terserap, dapat mengaksesnya lewat website kantor pos dan giro dengan alamat www.kompensasi.info. (gir/jpnn)

Pernyataan:
1.      Ekonomi positif
Faktanya Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) mencatat setiap harinya terdapat 3.500 pengaduan yang diterima tim implementasi terkait pelaksanaan program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Berbagai laporan yang didapat UKP4 banyak terdapat  pengaduan dengan berbagai bentuk kasus. Ada yang menyatakan BLSM tidak tepat sasaran. Lalu dari beberapa tempat ada juga yang menyatakan nilai yang diterima dipotong atau tidak sesuai seperti yang ditetapkan pemerintah.
2.      Ekonomi normatif
BLSM adalah bantuan yang diberikan kepada masyarakat miskin sebagai akibat dari kenaikan harga BBM  normatifnya BLSM  seharusnya diterima oleh masyarakat yang benar benar membutuhkan bantuan tersebut. Dan yang sudah terdaftar di Badan Pusat Statistik sebagai orang yang tidak mampu. Masyarakat tersebut berhak mendapat uang sebesar Rp 300.000.

Cara untuk mendapatkan bantuan ini adalah sebagai berikut:
a.       Terdaftar di Badan Pusat Statistik sebagai orang yang tidak mampu.
b.      Setelah terdaftar, Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dibagikan melalui Pos Indonesia.
c.       Bila telah menerima KPS, maka pada tanggal 1 Juli 2013 anda pergi ke Kantor pos yang ditunjuk.
d.      Kemudian, anda mengantre untuk selanjutnya mendapatkan kartu antrean. Bawalah Kartu Perlindungan Sosial sebagai buktinya.
e.       Seusai mendapatkan kartu antrian, masyarakat menunggu kembali untuk dilakukan verifikasi.
f.       Setelah lolos verifikasi untuk KPS, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu normatif, masyarakat baru berhak menerima Bantuan BLSM yang diberikan pemerintah sebesar Rp300.000

Solusi:
UKP4 harus  terus membuka pintu bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan. Pengaduan dapat disampaikan lewat Layanan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR). Jenis pengaduan juga tidak dibatasi hanya terkait BLSM, namun semua hal yang berkaitan dengan pembangunan nasional. Sehingga pemerintah dapat menganalisis masalah tersebut lalu membuat solusi yang benar benar tepat. Dan pemerintah seharusnya menghimbau pembagian BLSM diberbagai daerah dengan pengawasan dan peraturan yang tegas disetiap kelurahan.

2.      TASIK
Mulai Rabu (17/7), harga baru elpiji 3 kilogram berlaku. Jika sebelumnya dari agen ke pangkalan seharga Rp 12.750 per tabung, mulai hari ini menjadi Rp 13.400 per tabung. Sementara harga dari pangkalan kepada pengecer yang semula Rp 13.650 kini menjadi Rp 14.400.
Ketua Hiswana Migas Priangan Timur H Wawan Ugan mengatakan kenaikan harga gas 3 kilogram itu mencapai 6,4 persen. "Sebenarnya kalau kita hitung-hitung itu murah. Karena awalnya untuk dari agen ke pangkalan itu kita usulkan Rp 13.600. Hasil rapat bersama para kepala daerah, dari Tasik kota dan Kabupaten (Tasik), Ciamis, Banjar, harga inilah yang sekarang sudah keluar payung hukumnya," jelasnya di kantor Hiswana Migas Jalan Sutisna Senjaya Kota Tasikmalaya, Selasa (16/7).
Harga baru tersebut, menurut dia, sebagai langkah penyesuaian naiknya harga BBM. Semenjak BBM harganya naik, beban operasional angkutan pun, kata Wawan, naik. Perubahan harga eceran tertinggi (HET) itu, kata dia, agar agen dan pangkalan tidak terus merugi. Karena menurutnya selama ini, sejak harga BBM mengalami kenaikan, para agen kerap kali harus nombok Rp 100.000 per truk angkutan tiap harinya untuk bahan bakar.
"Ya satu agen kan ada yang beberapa truk. Tergantung mereka agen besar atau kecil. Itu sebetulnya kita terlambat (menaikan harga), agen sudah nombok terus sejak BBM naik," tuturnya.
Sebetulnya, menurut dia, sebelum Hiswana menaikan harga gas 3 kilogram, sejumlah pengecer sudah ada yang menjual Rp 15.000 per tabung. "Sebetulnya kalau kita lihat, di warungan itu sekarang juga sudah 15000. Kita juga tidak menutup mata, tetapi kita kan tidak berkewenangan (mengatur harga) sampai ke tingkat pengecer. Kita hanya dari agen ke pangkalan, dari pangkalan untuk ke pengecer," jelas dia.
Pada  21 dan 28 Juli yang jatuh pada hari Minggu, Pertamina diminta mengirim gas seratus persen seperti pasokan biasa. Meski biasanya Minggu tidak ada pendistribusian LPG.
“Jadi hari Minggu juga akan tetap ada pasokan. Biasanya kan tidak ada, itu untuk antisipasi jangan sampai ada kelangkaan ketika mau Lebaran. Kita minta seratus persen pasokan seperti hari biasa. Saat ini kan kebutuhan di Priangan Timur 170.000 tabung,” paparnya.
Terpisah, pemilik pangkalan gas 3 kilogram di Cimulu, Kota Tasikmalaya Endin (38) mengaku belum mengetaui kenaikan harga gas hasil program konversi minyak tanah ini.
Namun, menurutnya, seandainya kenaikan benar-benar terjadi diharapkan tidak terlalu besar. Saat ini dia menjual harga gas 3 kilogram seharga Rp 15.000 per tabung. “Ya kalau naiknya cuma 500 dari satu tabung mah masih mending,” singkat dia. (pee)

Ekonomi positif
Fakta yang terjadi di lapangan sebelum Hiswana Migas Priangan Timur menaikan harga LPG 3 kilogaram, sejumlah pengecer sudah ada  yang menjual Rp 15.000 pertabung, itu terjadi karena keterlambatan pemasok gas di Tasik. Menurut Wawan selaku ketua Hiswana Migas Priangan Timur “Harga eceran tertinggi (HET) itu, agar agen dan pangkalan tidak terus merugi. Karena menurutnya  selama ini, sejak harga BBM mengalami kenaikan, para agen kerap kali harus nombok Rp 100.000 per truk angkutan tiap harinya untuk bahan bakar.” Saat ini kebutuhan di Priangan Timur membutuhkan 170.000 tabung, sehingga pada hari Minggu akan tetap ada pasokan untuk antisipasi ketika menjelang lebaran agar tidak terjadi kelangkaan.

Ekonomi normatif
Mulai Rabu (17/7), harga baru elpiji 3 kilogram berlaku. Jika sebelumnya dari agen ke pangkalan seharga Rp 12.750 per tabung, mulai hari ini menjadi Rp 13.400 per tabung. Sementara harga dari pangkalan kepada pengecer yang semula Rp 13.650 kini menjadi Rp 14.400.  namun sebelum harga naik para agen sudah menaikan harga gas menjadi Rp15.000.

Solusi
Ketua Hiswana sebaiknya mengumpulkan agen gas yang ada di Priangan Timur. Untuk  dapat mensosialisasikan harga baru itu kepada pengusaha di tiap pangkalan. Dan menambah pasokan gas.

3.      Klaten (Metrotvnews.com)
Harga daging sapi di Klaten, Jawa Tengah, melejit. Di pasar tradisional, Sabtu (21/9), harga telah mendekati Rp100 ribu per kilogram.“Daging sapi sekarang mahal. Apalagi, daging asal rumah potong hewan (RPH) Klaten,” kata Rati, 45, pedagang di Pasar Klaten, Sabtu (21/9).Harga daging merangkak naik sejak sepekan lalu. Kenaikan harga sapi potong memicu harga daging melejit menjelang Idul Adha 1434 Hijriah.“Kenaikan harga sapi hingga mencapai Rp13 juta per ekor saat ini faktor yang memengaruhi harga daging naik,” ungkap Kowi, 48, pedagang di Pasar Klaten.Harga daging diperkirakan akan terus naik mendekati Idul Adha 10 Dzulhijah 1434 Hijriah. Daging sapi sangat mungkin bisa di atas Rp100 ribu per kilogram.Kenaikan harga daging dikeluhkan pedagang di Pasar Kota Klaten. “Sekarang pembeli sepi. Liha saja, jualan 10 kilogram saja tak bisa habis,” ujar Rati.Tidak hanya daging sapi, daging ayam di pasar tradisional itu juga naik. Hanya dalam sepekan terakhir, kenaikan harga daging ayam mencapai Rp6.000 per kilogram.“Daging ayam sekarang Rp34 ribu atau naik Rp6.000 per kilogram. Ini menyesuaikan harga pembelian ayam potong yang juga naik,” kata Sri Lestari, pedagang. (Djoko Sardjono)

Ekonomi positif
Harga daging sapi di Klaten, Jawa tengah. Di pasar tradisional Sabtu (21/9),telah mendekati Rp100.000 per kilogram. Meskipun pemerintah telah mengantisipasi dengan menambah pasokan daging impor tetapi harga masih tetap tinggi, daging impor kurang diminati oleh masyarakat. Para pedagang di pasar tradisional Klaten mengeluhkan kenaikan harga tersebut karena mengakibatkan sepi pembeli.

Ekonomi normatif
pemerintah telah mengantisipasi kenaikan harga daging sapi dengan menambah pasokan daging impor, karena jika daging impor harga tidak terlalu mahal dan tinggi. Tetapi masyarakat lebih memilih daging lokal karena dinilai daging lebih segar dibanding daging impor.

Beberapa contoh pernyataan ekonomi positif dan normatif lainya :
1.      ekonomi positif
a.      Dengan semakin berkembangnya teknologi di bidang pertanian, penawaran akan produk pertanian menjadi meningkat,dan jika penawaran akan produk pertanian meningkat maka  harga produk pertanian menjadi sangat murah.
b.      Produksi semen di kota Gresik mengalami penurunan, maka harga semen akan mengalami kenaikan.
c.       Saat musim penghujan produksi dan panen cabai di kota A mengalami penurunan,sehingga harga mengalami penurunan sesuai kebutuhan orang yang meningkat

2.      ekonomi normatif
a.       Sebagai kebijakan pemerintah ,dalam hal meningkatkan     kesejahteraan masyarakat & agar sdm meningkat maka pemerintah menambah lahan pekerjaan untuk msyarakat,sehingga ekonomi Negara jg meninggkat
b.      Usaha menaikkan kesejahteraan masyarakat harus dilakukan dengan berusaha agar tambahan pendapatan dinikmati secara merata oleh seluruh golongan penduduk
c.       Seharusnya Indonesia dan Brasil sepakat meningkatkan kerjasama di bidang kopi, sehingga bisa lebih berperan di pasar kopi dunia dan tidak di tentukan oleh konsumen atau negara lain. Dan sertifikasi ekspor kopi saat ini di dikte oleh swasta atau pembeli. Prosedurnya terlalu rumit dan ujung-ujungnya membutuhkan biaya yang mahal.

No comments: