BUSSINES PLANNING
MIE PELANGI
Diajukan
untuk memenuhi Tugas Mata kuliah Pengantar Bisnis
Oleh:
Mohammad Irfan
Effendi
13080314057
FAKULTAS EKONOMI
PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
UNIVERSITAS
NEGERI SURABAYA
BUSSINES
PLAN
I.
NAMA PERUSAHAAN
Nama perusahaan
yang akan saya dirikan adalah “Mie
Pelangi”
II.
URAIAN
DAN KEPEMILIKAN DARI BISNIS YANG DIUSULKAN
Usaha ini bergerak
di bidang produksi yaitu pengolahan dan pemasaran mie pelangi. Mie yang
dicampur bahan-bahan gurih tentu sudah biasa. Namun tak pernah terbayangkan
sebelumnya mie yang dipadukan dengan bahan – bahan manis seperti buah dan
yoghurt. Konsep bisnis ini menjual mie dengan rasa manis yang sehat dan
berkualitas dengan warna pelangi yang menarik, konsep yang berbeda dari mie
pada umumnya. Bahan utama dari mie ini adalah buah, seperti yang kita tahu
bahwa buah memiliki banyak warna dan rasa buah juga memiliki kandungan yang
sangat baik bagi kesehatan. Selain itu aroma khas yoghurt dicampur dengan buah
yang tercium kuat dihidangan ini, dengan kekentalan saus carbanora, kuahnya
menempel ke mienya yang lembut dan kenyal akan menarik minat para pembeli.
- ANALISIS PELUANG USAHA (KEBUTUHAN PERMINTAAN PRODUK)
Seperti yang kita
tahu bahwa mie pada umumnya rasanya pedas, disini saya akan merubah konsep itu
bahwa mie juga ada yang manis. Bisnis ini memiliki peluang yang besar karena
tidak ada ide seperti ini sebelumnya. Dengan nama dan ide ini tentunya akan
menarik minat dan rasa penasaran pembeli untuk membelinya.
IV.
ANALISIS S.W.O.T
A. S
(STRENGHT) : KEKUATAN DARI BISNIS
Tidak memiliki pesaing karena ini merupakan ide baru,
memproduksi mie dengan rasa manis yang sehat dan berkualitas tinggi, memiiki
warna menarik yang dapat menarik minat pembeli terutama anak kecil.
B.
W (WEAKNES) : KELEMAHAN BISNIS
Karena bisnis ini baru, memungkinkan pelanggan yang
memiliki selera tinggi ragu untuk mencicipi rasa dari mie ini, mungkin dibenak
mereka akan terfikir bahwa rasa dari mie ini aneh karena beda dari mie pada
umumnya. Jadi perlu meyakinkan pelanggan bahwa mie ini benar-benar enak, sehat,
dan berkualitas, dan itu mungkin agak sulit.
C.
O (OPPORTUNITY) : PELUANG BISNIS
Tentunya memiliki peluang yang besar karena tidak
memiliki pesaing usaha dibidang mie yang rasanya manis ini. Warnanya yang
menarik dan rasa yang beda ini akan menarik minat banyak pelanggan yang
penasaran.
D.
T (THREATS):
ANCAMAN BISNIS
Jika mie ini cocok dengan lidah pembeli maka bisnis ini
akan menjadi bisnis yang sangat menguntungkan, namun jika ternyata tidak maka
bisnis ini akan terancam gagal.
V.
PENILAIAN LINGKUNGAN BISNIS
A.
LINGKUNGAN EKONOMI
Merupakan ide yang fresh, disini akan banyak orang yang
tertarik dengan rasa mie yang manis dengan warna pelangi yang menggugah selera
makan dan minat pelangga untuk mencoba. Mie yang satu ini juga menyehatkan
karena warna dan rasa yang didapat dari buah asli. Tentunya mereka yang sangat
menjaga kesehatan makanan mereka akan membeli mie ini.
B.
LINGKUNGAN INDUSTRI
Setelah diteliti ternyata belum ada bisnis kuliner yang
menyajikan mie dengan rasa manis ini, mie seperti hanya ada di Jepang saja,
bisnis kuliner “Mie Pelangi” tidak memiliki pesaing di Indonesia. Jadi bisa
dikatakan bahwa “Mie Pelangi” adalah bisnis kuliner pertama di Indonesia.
C.
LINGKUNGAN GLOBAL
Awalnya bisnis ini akan dipromosikan disekolah-sekolah,
karena sekolah adalah lingkungan yang tepat untuk mempromosikan kuliner
yang menyehatkan seperti “Mie Pelangi”
ini, selain itu disekolah juga terdapat siswa dari berbagai daerah jadi kita
mendapat untung lain yaitu mereka akan bercerita kepada tetangganya dirumah
bahwa disekolah mereka ada makanan unik yaitu mie pelangi. Setelah mie ini
mendapat nama dimasyarakat tentunya saya akan mendirikan sebuah cafe untuk “Mie
Pelangi” ini, cafe dengan konsep dan desain indoor dan outdoor serba pelangi
dan buah. Dan jika usaha saya ini berhasil tentu saya akan berani mempromosikan
“Mie Pelangi” ini ke kota-kota lain dengan menggunakan tekhnologi yang semakin
maju yaitu internet misalnya.
VI.
RENCANA MANAJEMEN
A.
STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi dari bisnis ini adalah sebagai
berikut :
Ø
Pimpinan
Ø
Bagian
produksi
Ø
Bagian
pemasaran
Ø
Bagian
pemasaran
Ø
Bagian
keuangan
Ø
Karyawan
B.
PROSES PRODUKSI
Ø
Lokasi
Cafe ini akan didirikan ditempat yang strategis yaitu,
didekat taman dan jalan raya, seperti yang kita tahu bahwa di taman terdapat
berbagai kalangan dari anak kecil sampai mereka yang tua. Jadi mereka bisa
menikmati mie ini ditemani suasana taman. Dan bagi mereka yang pent dijalan
bisa berhenti dan berisitirahat untuk merasakan mie ini.
Ø
Desain dan tata ruang
Konsep indoor dan outdoor adalah pelanggi dan buah, lalu
dibagian sebelah taman dikonsep kaca bening sehingga mereka bisa menikmati
suasana taman, ditengah tengah ruang
cafe terdapat air mancur coklat dikelilingi dengan buah. Dibagian sebelah taman
adalah meja dan kursi, dan dibagian yang lain dengan konsep lesehan.
Ø
Fasilitas
Cafe
ini memiliki berbagai fasilitas yaitu wifi, paket couple satu paket untuk
berdua, dan mereka yang memiliki kartu pelanggan akan mendapat potongan harga,
dan yang terakhir adalah jasa pesan-antar untuk mereka yang tidak sempat
menungjungi langsung cafe mie pelangi ini.
VII.
STRATEGI PEMASARAN
A.
PASAR TARGET
Target
pemasaran mie pelangi ini adalah siswa dan mahasiswa, mereka yang masih muda
pasti akan menyukai rasa dar mie pelangi ini.
B.
KARAKTERISTIK PRODUK
Usaha
ini bergerak dibidang produksi yaitu mie pelangi. Bisnis ini menjual mie dengan
rasa manis dan warna pelangi, warna yang alami diambil dari warna buah. Mie
yang menyehatkan dan berkualitas tinggi. Tidak kalah dengan mie rasa pedas pada
umumnya.
C.
HARGA
Harga masih merupakan faktor yang perlu mendapat
perhatian khusus agar pangsa pasar yang dituju dapat dicapai karena sesuai
dengan tingkat pendapatan mereka. Oleh karena itu kami menawarkan
harga yang cukup terjangkau oleh masyarakat khususnya mahasiswa
dengan harga mulai Rp 7000,-.
D.
DISTRIBUSI
Pemasaran
dilakukan dengan menjual dicafe, selain itu mie ini juga dijual
disekolah-sekolah dan kampus. Cafe juga melayani jasa pesan-antar bagi mereka
yang tidak sempat mengunjungi langsung cafe mie pelangi.
E.
PROMOSI
Untuk meningkatkan pangsa pasar maka perlu dilakukan
Promosi, bentuk promosi yang akan kami lakukan antara lain memasarkan produk langsung ke calon pembeli. Mempromosikan ke
sekolah-sekolah, dan promosi melalui internet.
VIII.
RENCANA KEUANGAN
A.
KEBUTUHAN DANA
1.
Pribadi
100% Rp
450.000
B.
PERENCANAAN KERJA
No
|
Nama Kegiatan
|
Minggu I
|
Minggu II
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
||
1
|
Persiapan
|
||||||||||||||
2
|
Produksi
|
||||||||||||||
3
|
Pemasaran
|
No comments:
Post a Comment