Pembuatan Rpp
Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Nama: Mohammad Irfan Effendi
Nim: 13080314057
PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
SURABAYA
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2015
Satuan
Pendidikan : SMK
Kelas
/ Semester : XII / II (Dua)
Mata Pelajaran : Administrasi Humas dan Keprotokolan
Materi Pokok : Protokol
Pertemuan : 1x
Pertemuan
Alokasi
waktu : 3 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
1. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas,
logis dan sistematis yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
teman dan guru.
3. Memahami dan
mengetahui media humas di masyarakat.
4. Menyampaikan
informasi kepada masyarakat menggunakan media humas.
B.
Merumuskan
Tujuan Pembelajaran
1)
Standart
Kompetensi
1. Memahami dan
menerapkan Keprotokolan yang ada di
masyarakat dengan instansi pendidikan.
2)
Kompetensi Dasar
3.1
Mendeskripsikan Ruang Lingkup Protokol
4.1 Mengamati kegiatan protokol di sekolah
3)
Indikator
a.
Proses
1.
Menjelaskan pengertian
Protokol
2.
Menyebutkan Azaz Keprotokolan
3.
Menjelaskan Tujuan Protokol
4.
Menganalisis Peran Keprotokolan
5.
Menyebutkan Unsur-unsur Keprotokolan
6.
Menyebutkan Tugas dan Fungsi Keprotokolan
7.
Menyebutkan Syarat-syarat petugas protokol
8.
Menganalisis Sumber-sumber protokol
9.
Menyebutkan Aturan Protokolan
10. Menjelaskan Ruang lingkup
Tugas Protokol
b.
Perilaku Berkarakter
1.
Tanggung jawab
2.
Inisiatif
3.
Kreativitas
4.
Ketepatan waktu
c.
Keterampilan Sosial
1.
Kerjasama
2.
Bertanya
3.
Berpendapat
4.
Menjadi pendengar yang
baik
C.
Menentukan Isi
Pelajaran
a.
Definisi Protokol
Keprotokolan
adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan
atau acara resmi, yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara dan Tata Penghormatan
sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau
kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat. ( Pasal 1 ayat (1)
Undang-undang Nomor 9 Tahun 2010 ).
b.
Azaz Keprotokolan
a)
Asas Kebangsaan yang
dimaksud dengan “kebangsaan” adalah keprotokolan harus mencerminkan sifat dan
watak bangsa Indonesia yang pluralistik (kebinnekaan) dengan tetap menjaga
prinsip negara kesatuan Republik Indonesia.
b)
Asas ketertiban dan
kepastian hokum. Dalam hal ini yang dimaksud dengan “ketertiban dan kepastian
hokum” adalah keprotokolan harus dapat menimbulkan ketertiban dalam masyarakat
melalui adanya kepastian hukum.
c)
Asas keseimbangan,
kesesuaian dan keselarasan. Dalam hal ini yang dimaksud dengan “keseimbangan,
keserasian, dan keselarasan” adalah keprotokolan harus mencerminkan
keseimbangan, keserasian, dan keselarasan, antara individu dan masyarakat
dengan kepentingan bangsa dan Negara.
d)
Asas Timbal balik. Pada
asas keempat ini yang dimaksud dengan “timbal balik” adalah keprotokolan
diberikan setimpal ataubalas jasa terhadap keprotokolan dari negara lain.
c.
Tujuan Protokol
Menurut lakna asmar tujuan keprotokolan
adalah
a)
Memberikan penghormatan
kepada pejabat Negara, pejabat kemerintahan dan tokoh masyarakat.
b)
Memberikan pedoman
penyelenggaraan acara agar berjalan tertib, lancer dan teratur sesuai kebiasaan
yang berlaku secara nasional dan internasional.
c)
Menciptakan pergaulan
yangbaik antar bangsa.
d.
Peran Keprotokolan
Peran protokoler turut menentukan keberhasilan kegiatan yang dilaksanakan
oleh organisasi atau institusi. Disamping itu, protokol juga merupakan bagian
yang melekat dari aktivitas perusahaan dan turut mewarnai budaya kerja,
terutama bagi para petugas protokol yang sangat dekat perannya dalam mendukung
tugas kepemimpinan, baik di tingkat lokal maupun nasional.
e.
Unsur-unsur Protokol
Dalam Protokol Upacara terdapat 3
unsur penting:
a)
Tata cara: Yang
menentukan tindakan yang harus dilakukan dalam suatu acara tertentu.
Perbuatan/tindakan-tindakan pada acara ini dilakukan menuru aturan atau adat
kebiasaan tertentu yang sudah tetap dan harus ditaati dengan seksama oleh
peserta upacara.
b)
Tata Krama:
Yang menentukan pilihan kata-kata, ucapan dan perbuatan yang sesuai dengan
tinggi rendahnya jabatan seseorang.
Pada setiap upacara, diperlukan penggunaan kata-kata yang baik dan tepat menurut tinggi rendahnya derajat Pejabat yang bersangkutan, disesuaikan dengan peristiwanya.
Pada setiap upacara, diperlukan penggunaan kata-kata yang baik dan tepat menurut tinggi rendahnya derajat Pejabat yang bersangkutan, disesuaikan dengan peristiwanya.
c)
Rumus-rumus dan aturan tradisi/kebiasaan
yang telah ditentukan secara universal ataupun di dalam suatu bangsa itu
sendiri
f.
Tugas dan Fungsi Protokol
a)
Tugas Protokol:
·
Mempersiapkan akomodasi
protokoler kegiatan Pemerintah;
·
Mengatur layout atau
letak posisi tamu undangan dan muspida pada rapat dan acara resmi;
·
Mempersiapkan transit
bagi muspida atau tamu penting lainnya;
·
Menyusun, menyiapkan dan
mengatur jalannya acara di Lingkungan;
·
Membuat teks doa serta
menyiapkan petugas doa dalam acara-acara seremonial dilingkungan;
·
Mengatur penerimaan tamu;
·
Melaksanakan koordinasi
dengan tamu dan mengatur jadwal kunjungan;
·
Melaksanakan koordinasi
dengan SKPD yang terkait dengan kunjungan tamu;
·
Melaksanakan penjemputan
dan mengatur tamu serta menyiapkan transit bagi pimpinan rombongan ;
·
Mempersiapkan dan
mengatur jalannya acara di lingkungan;
·
Melayani administrasi
perjalanan dinas bagi tamu yang berkunjung;
·
Menyiapkan, mengolah dan
menyimpan data elektronik serta mengoperasikan komputer/Teknologi Informasi
(IT);
·
Memberikan penilaian DP3
kepada staf yang menjadi tanggung jawabnya;
·
Melaksanakan tugas lain
yang diberikan oleh Kepala Bagian Humas dan protokol.
b)
Fungsi protokol secara detail adalah
sebagai berikut:
·
Fragmentasi dan reassembly
Fragmentasi adalah membagi informasi
yang dikirim menjadi beberapa paket data. Proses ini terjadi di sisi pengirim
informasi. Reassembly adalah proses menggabungkan lagi paket-paket
tersebut menjadi satu paket lengkap. Proses ini terjadi di sisi penerima informasi.
·
Encapsulation
Fungsi dari encapsulation adalah
melengkapi berita yang dikirimkan dengan address, kode-kode koreksi, dan
lain-lain.
·
Connection Control
Fungsi dari Connection Control adalah
membangun hubungan komunikasi dari transmitter ke receiver termasuk
dalam pengiriman data dan mengakhiri hubungan.
·
Flow Control
Flow Control berfungsi mengatur perjalanan data dari
transmitter ke receiver.
·
Error Control
Pengiriman data tidak terlepas dari
kesalahan, baik dalam proses pengiriman maupun penerimaan. Fungsi error
control adalah mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data
dikirimkan.
·
Transmission Service
Fungsi transmission service adalah
memberi pelayanan komunikasi data khususnya uang berkaitan dengan prioritas dan
keamanan serta perlindungan data.
g.
Syarat-syarat Petugas Protokol
Persyaratan untuk
menjadi protokoler yaitu:
a)
Mempunyai pengetahuan dan pengaiaman luas terutama
dalam hubungan antar manusia
b)
Bermental kuat dan kepribadian tangguh
c)
Trampil dan cekatan menguasai situasi
d)
Mampu mengambil keputusan dengan cepat tetapi
cermat
e)
Sangat peka terhadap permasalahan yang timbul
f)
Sangat memahami perasaan orang lain
g)
Sederhana dan sopan serta hormat pada setiap orang
h)
Pandai membawa diri dan selalu mawas diri
i)
Rendah hati tetapi tidak rendah diri
j)
Penampilan menarik
k)
Pandai berbusana sesuai dengan suasana
l)
Berbahasa dengan tekanan dan suara yang baik
m)
Memiliki pengetahuan tentang ketatausahaan dan unsure-unsurmanajemen
n)
Menguasai istilah-istilah baru dan bahasa asing
h.
Sumber-sumber Protokol
i.
Aturan Keprotokolan
Aturan keprotokolan adalah
berdasarkan pasal 11 UU Nomor 9 Tahun 2010:
a)
Bupati atau Walikota;
b)
Wakil Bupati atau Wakil
Walikota;
c)
Mantan Bupati/Walikota
dan Mantan Wakil Bupati / Wakil Walikota;
d)
Ketua DPRD
Kabupaten/Kotamadya;
e)
Wakil Ketua DPRD
Kabupaten / Kotamadya;
f)
Sekretaris Daerah,
Komandan tertinggi TNI semua angkatan, Kapolres, Ketua Pengadilan semua badan
Peradilan (Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Pengadilan Tata Usaha Negara,
Pengadilan Militer), dan Kepala Kejaksaan Negeri;
g)
Pemimpin Partai Politik
yang memiliki wakil di DPRD Kabupaten dan Kotamadya;
h)
Anggota DPRD Kabupaten /
Kotamadya;
i)
Pemuka agama, pemuka
masyarakat, dan pemuka adat Asisten Sekda, kepala badan tingkat Kabupaten dan
Kotamadya, Kepala Dinas tingkat Kabupaten dan Kotamadya, Pejabat Eselon II,
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Ketua KPU Kabupaten dan Kotamadya;
j)
Kepala Instansi vertikal
tingkat kabupaten dan Kotamadya, Kepala unit pelaksana teknis Kabupaten dan
Kotamadya, komandan TNI semua angkatan tingkat kecamatan, dan kepala kepolisian
tingkat kecamatan;
k)
Kepala Bagian
Pemerintahan Kabupaten dan Kotamadya, Camat dan Pejabat Eselon III;
l)
Lurah dan Kepala Desa dan
Pejabat Eselon IV
j. Ruang lingkup tugas
Protokol
Luasnya
ruang lingkup tugas protokol yang menyangkut segi-segi keupacaraan, tercermin
di dalam banyaknya macam acara yang harus dilaksanakan, yaitu seperti:
a)
Penerimaan tamu /audensi
(dalam dan luar negeri)
b)
Kunjungan tamu (dalam dan
luar negeri)
c)
Perjalanan ke daerah /
Luar Negeri
d)
Pengaturan Rapat / siding
e)
Penyelenggaraan resepsi /
jamuan makan
f)
Penyelenggaraan
upacara-upacara :
·
Hari Besar Nasional
·
Hari Besar Keagamaan
·
Peresmian Proyek
·
HUT Organisasi
·
Upacara Bendera
·
Pelantikan dan Serah
Terima Jabatan
·
Crendetials
·
Penandatanganan Kerjasama
Internasional
·
Peresmian Pembukaan /
Penutupan Seminar / Lokakarya dll.
D. Menentukan
Strategi Pembelajaran:
Pendekatan : Scientific
Teknik : Praktek dan
Kerja Kelompok
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
E.
Pengelolaan Kelas
Model
pembelajaran Kooperatif
F.
Pembagian Waktu
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a sebelum memulai
pelajaran.
2.
Guru mempresensi kehadiran siswa dikelas
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai hari ini
mengenai media humas
|
15 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Guru menstimulus dengan cara memberikan pertanyaan lisan dan memberi
point kepada siswa yang aktif
2.
Guru menayangkan slide materi media humas
3.
Siswa mengamati tayangan yang di sajikan guru
4.
Saat guru menayangkan slide sesekali guru memberikan kesempatan siswa
untuk bertanya mengenai apa yang sudah disampaikan
5.
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, kemudian memberikan tugas
kepada setiap kelompok untuk mencari dan merangkum tentang apa yang sudah
6.
Siswa berdiskusi dengan kelompok masing-masing mencari materi yang sudah
disampaikan
7.
Selama siswa berdiskusi dengan kelompok, guru memberikan pemahaman
mengenai materi yang sudah disampaikan kepada masing-masing kelompok
8.
Setelah diskusi selesai, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil
diskusi mereka
9.
Kelompok lain melakukan tanya jawab, menanggapi dan memberikan masukan
mengenai hasil dari kelompok yang sedang presentasi
|
100 Menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru mereviuw kembali mengenai materi apa yang sudah disampaikan oleh
masing-masing kelompok
2.
Guru memberikan tugas kepada masing-masing siswa untuk membuat format
mengenai media humas
3.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
20 Menit
|
G.
Penyediaan Media Pembelajaran
1.
Alat pembelajaran : LCD, papan tulis, power point
2.
Sumber belajar : Modul Administrasi
Humas dan Keprotokolan untuk perkantoran kelas XI kurikulum 2013
H.
PENILAIAN
1)
Kognitif
a.
Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan yang dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan
akhir
b.
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
2) Psikomotor
(lembar kinerja siswa)
a.
Penilaian Proses
a)
Penilaian Produk
b) Penilaian
Kinerja
b.
Penilaian Hasil Belajar
a)
Pilihan ganda.
b) Esai
atau uraian.
3) Afektif
(lembar pengamatan aktifitas siswa)
a. Penilaian Proses
Menggunakan
format pengamatan yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari
kegiatan awal hingga akhir
b. Penilaian Hasil Belajar
Penilaian Hasil Pembelajaran
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan format penilaian diri dan kelompok
Nama/Kelompok_______________________Kelas:_________Tgl:___________
Lembar Kerja Siswa 1: Definisi, dan Azaz-azaz Protokol
Tujuan:
- Dapat memahami Definisi Protokol
- Dapat menyebutkan Azaz-azaz Protokol
Rumusan Masalah:
- Apa yang dimaksud Protokol ?
- Apa saja Azaz-azaz Protokol ?
Langkah-langkah:
- Mendefinisikan dengan bahasa sendiri tentang arti/makna Protokol
- Untuk pendalaman pemahaman konsep, siswa diminta memberi contoh gambaran
Protokol
- Mendiskusikan dalam kelompok kecil, menganalisis dari Azaz-azaz Protokol
Analisis:
1.
Menurut anda apakah
yang dimaksud dengan Protokol ?
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Sebutkan Azaz-azaz protokol?
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kunci Jawaban
Lembar Kerja Siswa 1: Definisi dan azaz-azaz Protokol
- Definisi Protokol
Keprotokolan
adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan
atau acara resmi, yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara dan Tata Penghormatan
sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau
kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat. ( Pasal 1 ayat (1)
Undang-undang Nomor 9 Tahun 2010 ).
2. Azaz Keprotokolan
a.
Asas Kebangsaan yang
dimaksud dengan “kebangsaan” adalah keprotokolan harus mencerminkan sifat dan
watak bangsa Indonesia yang pluralistik (kebinnekaan) dengan tetap menjaga
prinsip negara kesatuan Republik Indonesia.
b.
Asas ketertiban dan
kepastian hokum. Dalam hal ini yang dimaksud dengan “ketertiban dan kepastian
hokum” adalah keprotokolan harus dapat menimbulkan ketertiban dalam masyarakat
melalui adanya kepastian hukum.
c.
Asas keseimbangan,
kesesuaian dan keselarasan. Dalam hal ini yang dimaksud dengan “keseimbangan,
keserasian, dan keselarasan” adalah keprotokolan harus mencerminkan
keseimbangan, keserasian, dan keselarasan, antara individu dan masyarakat
dengan kepentingan bangsa dan Negara.
d.
Asas Timbal balik. Pada
asas keempat ini yang dimaksud dengan “timbal balik” adalah keprotokolan
diberikan setimpal ataubalas jasa terhadap keprotokolan dari negara lain.
Nama/Kelompok _________________Kelas:
_________ Tgl:_______________
Lembar Kerja Siswa 2: Ruang Lingkup Tugas
Protokol
Tujuan : Menjelaskan Ruang Lingkup Tugas Protokol
Rumusan Masalah : Sebutkan dan jelaskan Ruang Lingkup Tugas Protokol?
Langkah Kerja
1.
Membaca materi
administrasi humas dan keprotokolan
2.
Mengidentifikasi
materi
3.
Mendiskusikan jawaban
dalam materi
4.
Menjelaskan Ruang Lingkup Tugas
Protokol
Pengamatan:
Pengamatan difokuskan pada partisipasi siswa dalam mengikuti diskusi
kelompok: keaktifan dalam mengemukakan pendapat, partisipasi, kualitas
partisipasi, kerjasama, dan tanggung jawab.
Analisis:
Sebutkan Ruang Lingkup Tugas Protokol,
kemudian jelaskan!
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kunci Jawaban
Lembar Kerja Siswa 2:
Ruang Lingkup Tugas Protokol
Ruang Lingkup Tugas Protokol
a)
Penerimaan tamu /audensi (dalam dan luar
negeri)
b)
Kunjungan tamu (dalam dan luar negeri)
c)
Perjalanan ke daerah / Luar Negeri
d)
Pengaturan Rapat / siding
e)
Penyelenggaraan resepsi / jamuan makan
f)
Penyelenggaraan upacara-upacara :
·
Hari Besar Nasional
·
Hari Besar Keagamaan
·
Peresmian Proyek
·
HUT OrganisasiUpacara Bendera
·
Pelantikan dan Serah Terima Jabatan
·
Crendetials
·
Penandatanganan Kerjasama Internasional
·
Peresmian Pembukaan / Penutupan Seminar /
Lokakarya dll.
LEMBAR PENILAIAN 1 :
PRODUK
Mata Pelajaran : Administrasi Humas dan
Keprotokolan
Judul Kegiatan : Membuat Artikel Protokol sesuai Pasal
1 ayat (1) Undang-undang Nomor 9 Tahun 2010.
Analisis:
Buatlah contoh sebuah artikel Protokol perjalanan dinas
Nama Kelompok:
|
||||||
Kelas :
|
||||||
No
|
Aspek
|
Indikator Penilaian
|
Skala Rentang
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Persiapan
|
1. Memilih dan mengkritisi sumber
|
||||
2. Pengumpulan data informasi
|
||||||
3. Desain awal artikel
|
||||||
2
|
Pembuatan artikel
|
1. Mengembangkan kerangka berpikir
|
||||
2. Pengembangan gagasan pokok
|
||||||
3. Memilih materi penjelas
|
||||||
3
|
Kualitas produk
|
1. Kebenaran informasi
|
||||
2. Kelugasan dan kejelasan
|
||||||
3. Bahasa komunikatif
|
||||||
4. Relevansi dengan sasaran pembaca
|
||||||
5. Relevansi pilihan topik
|
||||||
Jumlah Skor
|
||||||
Skor yang dicapai
|
||||||
Skor maksimum
|
||||||
Nilai
|
......
|
Keterangan nilai:
1 : kurang
2 : cukup
3 : baik
4 : sangat baik
LEMBAR PENILAIAN 2 :
PROSES
- Proses
- Mempelajari materi tentang protokol dalam masyarakat di sekitar
- Mengamati penggunaan Keprotokolan dalam masyarakat sekitar
- Mendiskusikan Materi
Format Assesmen Kinerja Proses
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor Maksimum
|
Skor Asesmen
|
|
Oleh siswa sendiri
|
Oleh guru
|
|||
1.
|
Persiapan:
- Kemampuan untuk mengklasifikasi
Materi
|
10
|
|
|
2
|
Pengamatan:
-
Kemampuan mengamati
materi
|
10
|
|
|
3.
|
Prosedur
-
Mendiskusikan materi
-
Menganalisis
-
Mencatat hasil
diskusi
-
Melaporkan hasil /
mempresentasikan
|
20
20
20
20
|
|
|
|
Jumlah |
100
|
|
|
Surabaya, 2015
Siswa Guru
(........................................) (.......................................)
LEMBAR PENILAIAN 3 : PSIKOMOTOR
Prosedur:
- Disediakan materi administrasi humas dan keprotokolan
- Tugasi siswa untuk mengamati materi
- Penentuan skor kinerja siswa mengacu pada format assesmen kinerja
dibawah ini
- Berikan format ini kepada siswa sebelum assesmen dilakukan
- Siswa diijinkan mengakses kinerja mereka sendiri dengan menggunakan
format ini
Format Assesmen Kinerja Psikomotorik
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor Maksimum
|
Skor Asesmen
|
|
Oleh siswa sendiri
|
Oleh guru
|
|||
1
|
Menyiapkan materi administrasi humas
dan keprotokolan
|
20
|
|
|
2.
|
Mengidentifikasikan kemampuan
kerjasama dalam kelompok
|
20
|
|
|
3
|
Mengidentifikasi hal-hal yang penting untuk diperhatikan dalam pemilihan media humas
|
20
|
|
|
4
|
Mengidentifikasikan keterampilan yang ada dalam pemilihan media humas
|
20
|
|
|
5
|
Mengindentifikasikan penggunaan media humas
|
20
|
|
|
|
J u m l a h |
100
|
|
|
Surabaya, 2015
Siswa Guru
(........................................) (.......................................)
LEMBAR PENILAIAN 4: FORMAT PENGAMATAN PERILAKU BERKARAKTER
Siswa:_____________________ Kelas: _____________ Tgl:_______________
Petunjuk:
Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, beri penilaian atas
perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan C = Menunjukkan B = Memuaskan A
= Sangat
Perbaikan kemajuan baik
Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
No
|
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
|
Memerlukan perbaikan (D)
|
Menunjukkan kemajuan (C)
|
Memuaskan (B)
|
Sangat baik
(A)
|
1
|
Teliti, Tekun
|
|
|
|
|
2
|
Jujur
|
|
|
|
|
3
|
Loyal
|
|
|
|
|
4
|
Disiplin
|
|
|
|
|
Surabaya, 2015
Pengamat
(.....................................................)
LP 5 : FORMAT PENGAMATAN KETERAMPILAN SOSIAL
Siswa: _____________________ Kelas:
_____________ Tgl: _______________
Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, beri penilaian atas keterampilan
sosial siswa itu menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan C = Menunjukkan B =
Memuaskan A = Sangat
perbaikan kemajuan baik
Format Pengamatan Keterampilan Sosial
No
|
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
|
Memerlukan perbaikan (D)
|
Menunjukkan kemajuan (C)
|
Memuaskan (B)
|
Sangat baik (A)
|
1
|
Berkomunikasi
|
|
|
|
|
2
|
Bekerjasama
|
|
|
|
|
3
|
Melayani
|
|
|
|
|
Surabaya, 2015
Pengamat
(.....................................................)
No comments:
Post a Comment